Daftar Profesi Kerja di BUMN

Rate this post

Apakah kamu tertarik bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Jika iya, kamu perlu mengetahui daftar profesi kerja yang ada di BUMN. BUMN adalah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai macam profesi yang menawarkan peluang karir yang menarik dan beragam.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan BUMN, penting untuk mengetahui jenis-jenis profesi yang tersedia. Dalam artikel ini, akan disajikan daftar profesi kerja di BUMN beserta contoh-contoh profesi yang umum ditemui. Dengan mengetahui informasi ini, kamu dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang peluang karir yang ditawarkan oleh BUMN.

Daftar Profesi Kerja di BUMN

Daftar profesi kerja di bumn

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah Indonesia. Terdapat berbagai profesi yang dapat ditemui di BUMN, di antaranya adalah:

1. Manajemen

Profesi di bidang manajemen sangat penting dalam operasional BUMN. Manajemen bertanggung jawab dalam mengatur sumber daya, mengelola keuangan, dan membuat keputusan strategis untuk mencapai tujuan perusahaan. Beberapa posisi yang umum ditemui di bidang manajemen di BUMN antara lain:

  • Manajer Umum
  • Manajer Keuangan
  • Manajer Sumber Daya Manusia
  • Manajer Operasional

2. Teknik

BUMN juga membutuhkan tenaga ahli di bidang teknik untuk mendukung operasional perusahaan. Posisi-posisi teknik yang umum ditemui di BUMN antara lain:

  • Insinyur Sipil
  • Insinyur Elektro
  • Insinyur Mesin
  • Insinyur Kimia

3. Keuangan dan Akuntansi

Profesi di bidang keuangan dan akuntansi sangat penting dalam menjaga keuangan BUMN agar tetap sehat dan teratur. Beberapa posisi yang umum ditemui di bidang keuangan dan akuntansi di BUMN antara lain:

  • Akuntan
  • Auditor
  • Manajer Keuangan
  • Analisis Keuangan
Baca juga :   Gaji PT Mensa Binasukses Semua Jabatan 2024

4. Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi, BUMN juga membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi informasi untuk mendukung operasional dan transformasi digital. Beberapa posisi yang umum ditemui di bidang teknologi informasi di BUMN antara lain:

  • Programmer
  • Analisis Sistem
  • Administrator Jaringan
  • Spesialis Keamanan Informasi

5. Pemasaran dan Penjualan

Profesi di bidang pemasaran dan penjualan juga sangat penting untuk memasarkan produk atau layanan BUMN dan meningkatkan penjualan. Beberapa posisi yang umum ditemui di bidang pemasaran dan penjualan di BUMN antara lain:

  • Manajer Pemasaran
  • Sales Executive
  • Marketing Analyst
  • Customer Service

Itulah beberapa contoh profesi yang umum ditemui di BUMN. Namun, terdapat berbagai profesi lainnya yang juga memiliki peran penting dalam menjalankan operasional BUMN sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Profesi Teknik di BUMN

Daftar profesi kerja di bumn

Bidang teknik sangat penting dalam BUMN karena melibatkan pembangunan infrastruktur dan pengelolaan sumber daya. Beberapa contoh profesi teknik di BUMN meliputi:

1. Insinyur Sipil

Insinyur sipil bertanggung jawab dalam perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan proyek konstruksi. Mereka memastikan keberlanjutan dan keamanan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan bangunan.

2. Insinyur Mekanikal

Insinyur mekanikal menangani perancangan dan pengembangan mesin, peralatan, dan sistem mekanik. Mereka juga bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan peralatan yang digunakan di BUMN.

3. Insinyur Elektro

Insinyur elektro berkaitan dengan perancangan, perakitan, dan pengelolaan sistem kelistrikan. Mereka bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan pengembangan sistem tenaga listrik di BUMN.

4. Insinyur Kimia

Insinyur kimia bekerja dalam pengembangan proses produksi dan pengelolaan bahan kimia. Mereka bertanggung jawab dalam mengoptimalkan produksi dan menjaga keamanan lingkungan di BUMN.

5. Insinyur Lingkungan

Insinyur lingkungan fokus pada pengelolaan sumber daya alam dan pengendalian pencemaran. Mereka bertanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan melakukan mitigasi dampak lingkungan di BUMN.

6. Insinyur Perminyakan

Insinyur perminyakan terlibat dalam eksplorasi, produksi, dan pengelolaan sumber daya minyak dan gas bumi. Mereka bertanggung jawab dalam memastikan produksi minyak dan gas yang efisien di BUMN.

Profesi Keuangan di BUMN

Daftar profesi kerja di bumn terbaru

Keuangan merupakan aspek penting dalam operasional BUMN. Terdapat berbagai profesi keuangan yang diperlukan di BUMN, seperti:

1. Akuntan

Seorang akuntan bertanggung jawab untuk mengelola dan menganalisis laporan keuangan BUMN. Mereka melakukan pencatatan transaksi keuangan, mempersiapkan laporan keuangan, serta mengaudit dan mengawasi kepatuhan terhadap peraturan keuangan.

Baca juga :   Gaji PT Istaka Karya Semua Profesi 2024

2. Manajer Keuangan

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengawasi kegiatan keuangan BUMN. Mereka melakukan analisis keuangan, mengelola anggaran, mengelola investasi, serta mengambil keputusan strategis terkait keuangan perusahaan.

3. Analis Keuangan

Analis keuangan melakukan analisis dan evaluasi kinerja keuangan BUMN. Mereka mengumpulkan dan menganalisis data keuangan, membuat laporan keuangan dan proyeksi, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

4. Pengawas Keuangan

Pengawas keuangan bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan keuangan BUMN. Mereka melakukan pemeriksaan internal, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keuangan, serta memberikan saran untuk perbaikan sistem pengendalian keuangan.

5. Treasury

Treasury bertanggung jawab untuk mengelola arus kas dan investasi BUMN. Mereka melakukan pengelolaan likuiditas, memantau risiko keuangan, serta mengoptimalkan penggunaan dana agar mencapai tujuan keuangan perusahaan.

Profesi Manajemen di BUMN

Daftar profesi kerja di bumn

Manajemen memainkan peran penting dalam pengelolaan BUMN. BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang memiliki berbagai macam bidang usaha. Untuk mengelola bisnis yang besar dan kompleks ini, BUMN membutuhkan tenaga manajemen yang ahli dan profesional. Berikut adalah beberapa contoh profesi di bidang manajemen yang umum ditemui di BUMN:

1. Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran guna mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh BUMN. Mereka juga melakukan riset pasar dan analisis untuk mengidentifikasi peluang pemasaran dan mengembangkan strategi yang efektif.

2. Manajer Keuangan

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan BUMN. Tugas mereka meliputi pembuatan laporan keuangan, pengelolaan arus kas, pengawasan anggaran, dan analisis keuangan untuk membantu BUMN mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

3. Manajer Sumber Daya Manusia

Manajer sumber daya manusia (SDM) bertanggung jawab untuk mengelola tenaga kerja di BUMN. Mereka melakukan rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan, serta mengelola program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawan.

4. Manajer Operasional

Manajer operasional bertanggung jawab untuk mengelola operasional sehari-hari di BUMN. Mereka memastikan bahwa semua proses berjalan lancar, mengawasi produksi atau layanan yang ditawarkan, dan mengidentifikasi dan mengatasi masalah operasional yang mungkin timbul.

5. Manajer Proyek

Manajer proyek bertanggung jawab untuk merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan proyek-proyek yang dilakukan oleh BUMN. Mereka mengelola anggaran, sumber daya, dan jadwal proyek, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Baca juga :   Gaji PT Danareksa Semua Profesi 2024

6. Manajer Risiko

Manajer risiko bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko yang mungkin dihadapi oleh BUMN. Mereka mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk mengurangi risiko, serta mengawasi implementasi dan pemantauan keefektifan langkah-langkah pengelolaan risiko.

Itulah beberapa contoh profesi di bidang manajemen yang umum ditemui di BUMN. Setiap profesi memiliki peran penting dalam menjalankan operasional BUMN dan mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya tenaga manajemen yang profesional, BUMN dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian negara.

Profesi Sumber Daya Manusia di BUMN

perusahaan kerja daftar kesehatan pjk3 k3 jasa audit nakertrans sumbarprov smk3 beret irenas keselamtan pelayanan bidang laporan memberikan

SDM (Sumber Daya Manusia) memiliki peran kunci dalam pengembangan BUMN. Terdapat berbagai profesi SDM yang diperlukan di BUMN, seperti:

1. Manajer Sumber Daya Manusia

Manajer Sumber Daya Manusia bertanggung jawab dalam mengelola kebijakan dan program SDM di BUMN. Tugasnya meliputi perencanaan kebutuhan SDM, rekrutmen, seleksi, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan kompensasi.

2. Analis Sumber Daya Manusia

Analis Sumber Daya Manusia melakukan analisis data SDM untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan SDM. Mereka mengumpulkan dan menganalisis data terkait rekrutmen, pelatihan, dan penilaian kinerja karyawan.

3. Spesialis Rekrutmen dan Seleksi

Spesialis Rekrutmen dan Seleksi bertanggung jawab dalam mencari, menarik, dan memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Mereka mengelola proses rekrutmen, wawancara, dan penilaian untuk memastikan pemilihan karyawan yang berkualitas.

4. Spesialis Pelatihan dan Pengembangan

Spesialis Pelatihan dan Pengembangan merancang dan melaksanakan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan di BUMN. Mereka juga melakukan evaluasi efektivitas program pelatihan yang dilaksanakan.

5. Koordinator Kesejahteraan Karyawan

Koordinator Kesejahteraan Karyawan bertanggung jawab dalam mengelola program kesejahteraan karyawan, termasuk manajemen tunjangan, asuransi kesehatan, dan program kesejahteraan lainnya. Mereka juga mengoordinasikan kegiatan kesejahteraan dan kegiatan sosial bagi karyawan.

6. Ahli Kompensasi dan Manfaat

Informasi ini dimaksudkan untuk memperkirakan besaran BUMN khususnya untuk orang yang masih awam. Adapun ketersediaan pembahasan yang dikutip dinaspajak.com adalah hanya untuk membantu calon pekerja, pemilik kendaraan untuk mengetahui besaran Daftar profesi kerja di bumn baik masih lulusan SMA ataupun baru lulus perguruan tinggi S1 dan S2.

Ahli Kompensasi dan Manfaat merancang dan mengelola program kompensasi dan manfaat bagi karyawan di BUMN. Tugas mereka meliputi perencanaan gaji, tunjangan, insentif, dan program pensiun.

7. Spesialis Hubungan Industri

Spesialis Hubungan Industri bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik antara BUMN dengan serikat pekerja atau organisasi lain yang terkait. Mereka mengelola negosiasi kontrak kerja, menyelesaikan sengketa, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan.

Penutupan

Daftar profesi kerja di bumn terbaru

Jadi, itulah daftar profesi kerja di BUMN beserta contoh-contohnya. Dari profesi teknik, keuangan, manajemen, hingga sumber daya manusia, BUMN menawarkan beragam peluang karir yang menarik. Apapun bidang yang kamu minati, pasti terdapat profesi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu di BUMN.

Jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengenai masing-masing profesi dan persyaratan yang dibutuhkan. Siapa tahu, salah satu dari profesi tersebut adalah jalan karirmu yang sukses di dunia BUMN. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang profesi kerja di BUMN.

error: Peringatan: Konten dilindungi !!