Pajak Xpander 2024 dan Denda Mitsubishi Xpander

5/5 - (130 votes)

Apakah Anda memiliki impian memiliki mobil Mitsubishi Xpander? Jika ya, maka Anda harus mengetahui berapa besar tarif pajak yang harus Anda bayar setiap tahunnya. Mobil Mitsubishi Xpander hadir dengan berbagai tipe, seperti Cross, Ultimate, Exceed, Sport, GLX, New Xpander, dan lain-lain, dan setiap tipe memiliki tarif pajak yang berbeda-beda. Besarnya tarif pajak tergantung pada harga mobil Xpander yang Anda miliki.

Pajak Xpander Terbaru
Pajak Xpander Terbaru

Berapa besar tarif pajak Xpander per tahun? Untuk tipe-tipe tertentu, pajak Xpander dapat dibayarkan dengan tarif paling rendah sekitar Rp. 2.247.000, sementara untuk tipe tertentu yang lain, tarif pajaknya bisa mencapai Rp. 4.767.000. Perlu diingat bahwa biaya ini belum termasuk SWDKLLJ mobil yang sebesar Rp. 143.000.

Jika Anda ingin mengetahui tarif pajak Xpander untuk setiap tahunnya sesuai dengan wilayah asal kendaraan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Pajak untuk memudahkan pengecekan.

Simak informasi lebih lanjut mengenai tarif pajak Xpander untuk periode 2017 hingga 2024 berikut ini:

Cek Pajak Xpander Melalui Aplikasi Cek Pajak

Untuk memudahkan Anda mengetahui tarif pajak Xpander per tahun sesuai dengan tipe dan wilayah asal kendaraan, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi, seperti Sambara, Sambat, New Sakpole, Aplikasi Cek Pajak, dan lain-lain.

Dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak, Anda hanya perlu memasukkan data kendaraan, seperti plat nomor, nomor rangka, nomor mesin, NIK, dan lain-lain. Aplikasi ini akan memberikan hasil cek tarif pajak Xpander secara akurat dan cepat.

Daftar Tarif Pajak Xpander untuk Tipe-tipe Tertentu dari 2017 hingga 2024

Hayo, udah tau belum daftar pajak Xpander dari tahun 2017 sampai 2024? Biar gak bingung, berikut beberapa tipenya:

Baca juga :   Pajak Jazz Terbaru 2024 Lengkap Semua Tahun

Mitsubishi Xpander Cross

  • XPANDER CROSS 1.5L 4X2 AT 2019: Rp 4.137.000
  • XPANDER CROSS 1.5L 4X2 MT 2019: Rp 4.095.000
  • XPANDER CROSS 1.5L 4X2 AT 2020: Rp 4.179.000
  • XPANDER CROSS 1.5L 4X2 MT 2020: Rp 4.137.000
  • XPANDER CROSS 1.5L PL 2WA 2020: Rp 4.305.000
  • XPANDER CROSS 1.5L 4X2 AT 2024: Rp 4.578.000
  • XPANDER CROSS 1.5L PL 2WA 2024: Rp 4.767.000

Xpander Ultimate

  • XPANDER 1.5L ULTIMATE 4X2 AT 2017: Rp 3.213.000
  • XPANDER 1.5L ULTIMATE 4X2 AT 2018: Rp 3.885.000
  • XPANDER 1.5L ULTIMATE-L 4X2 AT 2020: Rp 4.158.000
  • XPANDER 1.5L ULTIMATE-L 4X2 AT 2024: Rp 4.179.000
  • XPANDER 1.5L ULTIMATE 4X2 AT 2024: Rp 4.515.000

Xpander Exceed

  • XPANDER 1.5L EXCEED 4X2 AT 2017: Rp 2.877.000
  • XPANDER 1.5L EXCEED 4X2 MT 2017: Rp 2.709.000
  • XPANDER 1.5L EXCEED 4X2 AT 2020: Rp 3.738.000
  • XPANDER 1.5L EXCEED 4X2 MT 2020: Rp 3.570.000
  • XPANDER 1.5L EXCEED L 4X2 AT 2024: Rp 4.158.000
  • XPANDER 15.L EXCEED L 4X2 MT 2024: Rp 3.948.000

Xpander Sport

  • XPANDER 1.5L SPORT 4X2 AT 2017: Rp 3.108.000
  • XPANDER 1.5L SPORT 4X2 AT 2018: Rp 3.759.000
  • XPANDER 1.5L SPORT-L 4X2 AT 2020: Rp 3.990.000
  • XPANDER 1.5L SPORT-L 4X2 MT 2020: Rp 3.801.000
  • XPANDER 1.5L SPORT L 4X2 AT 2024: Rp 4.368.000

Xpander GLS

  • XPANDER 1.5L GLS 4X2 AT 2017: Rp 2.772.000
  • XPANDER 1.5L GLS 4X2 MT 2017: Rp 2.625.000
  • XPANDER 1.5L GLS L 4X2 AT 2020: Rp 3.675.000
  • XPANDER 1.5L GLS L 4X2 MT 2020: Rp 3.507.000
  • XPANDER 1.5 L GLS L 4X2 AT 2024: Rp 4.032.000
  • XPANDER 15.L GLS L 4X2 MT 2024: Rp 3.885.000

Xpander GLX

  • XPANDER 1.5L GLX 4X2 MT 2017: Rp 2.247.000
  • XPANDER 1.5L GLX 4X2 MT 2018: Rp 3.003.000
  • XPANDER 1.5L GLX L 4X2 MT 2020: Rp 3.234.000
  • XPANDER 1.5L GLX L 4X2 MT 2024: Rp 3.276.000
  • XPANDER 1.5L GLX 4X2 MT 2024: Rp 4.200.000

Coba cek tipenya, biar kamu tahu tarif pajak Xpander-mu dari tahun ke tahun.

Cek Denda Pajak Mobil Mitsubishi Xpander

Apabila Anda terlambat membayar pajak kendaraan bermotor, maka Anda akan dikenakan denda pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sesuai dengan UU No. 28 Tahun 2009, sanksi administratif berupa denda sebesar 2% dari PKB per bulan akan dikenakan kepada wajib pajak yang terlambat membayar pajak.

Baca juga :   Pajak Vario 160: Biaya, Cek Pajak, Biaya Ganti Plat, Denda, Kalkulator Denda, Syarat Bayar

Berapa besar denda pajak Xpander? Denda pajak Xpander bervariasi, namun untuk keterlambatan pembayaran selama 1 tahun, denda yang dikenakan adalah sekitar Rp. 639.280 hingga Rp. 1.188.640. Perlu diketahui bahwa denda ini sudah termasuk dengan denda SWDKLLJ mobil sebesar Rp. 100.000 per tahun.

Anda dapat menggunakan kalkulator di bawah ini untuk menghitung jumlah denda pajak Xpander apabila Anda memiliki tunggakan pajak.

Cek Pajak Progresif Mobil Xpander

Pajak progresif akan dikenakan kepada kendaraan bermotor, termasuk mobil Xpander, yang merupakan kepemilikan kedua dan seterusnya. Tarif pajak progresif bervariasi mulai dari 2% hingga 10%, tergantung pada peraturan daerah atau gubernur setempat yang berlaku.

Anda bisa menggunakan kalkulator pajak progresif untuk menghitung besar kecilnya tarif pajak progresif Xpander yang akan dikenakan.

Biaya Ganti Plat & Pajak 5 Tahunan Xpander

Selain pajak tahunan, pemilik mobil Xpander juga harus membayar pajak 5 tahunan dan biaya ganti plat di kantor Samsat.

Berapa biaya ganti plat dan pajak 5 tahunan Xpander? Biaya ganti plat mobil Xpander berkisar antara Rp. 2.690.000 hingga Rp. 4.979.000, tergantung pada besar tarif PKB.

Berikut rincian harga pajak 5 tahunan dan biaya ganti plat Mitsubishi Xpander:

  • Pajak Xpander: Cek Daftar Pajak Xpander
  • SWDKLLJ Mobil: Rp. 143.000
  • Cetak TNKB: Rp. 100.000
  • Cetak STNK: Rp. 200.000

Biaya Balik Nama Mobil Xpander

Jika Anda membeli mobil Xpander bekas, Anda harus melakukan proses balik nama kendaraan bekas (BBN) untuk melengkapi dokumen kepemilikan. Biaya balik nama kendaraan bekas dihitung sebagai 1% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Berapa biaya BBN II mobil Mitsubishi Xpander? Biaya balik nama (BBN II) untuk mobil Xpander berkisar antara Rp. 4.135.000 hingga Rp. 7.514.000, tergantung pada PKB.

Biaya tersebut sudah termasuk PKB, SWDKLLJ, cetak TNKB, cetak STNK, dan cetak BPKB.

Anda dapat mengunjungi kantor Samsat di daerah Anda untuk memproses balik nama kendaraan bermotor.

Bayar Pajak Mitsubishi Xpander Secara Online? Bisa Banget!

Eits, ada kabar gembira nih! Sekarang kamu bisa bayar pajak Xpander secara online, lewat aplikasi Signal. Gampang banget, kok!

Baca juga :   Besaran Pajak Innova 2024 : Semua Tahun Lengkap

Syaratnya simpel aja, siapin NIK KTP dan nomor plat kendaraan. Terus, tinggal download aplikasi Signal, daftar akun, masukin data kendaraan, pilih menu “Pendaftaran Pengesahan STNK,” dan cek informasi tarif pajak Xpander.

Anda dapat membayar pajak Xpander secara online melalui Aplikasi Signal. Berikut adalah syarat dan cara bayar pajak Xpander secara online:

Syarat Bayar Pajak Tahunan Xpander Online:

  • NIK KTP
  • Nomor plat kendaraan bermotor
  • Nomor rangka

Cara Bayar Pajak Xpander Online Melalui Aplikasi Signal:

  1. Unduh & install Aplikasi Signal
  2. Lakukan pendaftaran akun Aplikasi Signal
  3. Masukkan data pemilik dan kendaraan bermotor
  4. Pilih menu “Pendaftaran Pengesahan STNK”
  5. Pilih nomor plat kendaraan yang akan dibayar pajaknya
  6. Cek detail informasi tarif pajak Xpander
  7. Konfirmasi data jika sudah benar
  8. Salin kode pembayaran
  9. Lakukan pembayaran pajak Xpander sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

Jika proses pembayaran pajak Xpander berhasil, Anda dapat mengunduh E-TBPKP pada menu E-Pengesahan. Namun, jika Anda memilih layanan pengiriman dokumen, lembar TBPKP akan dikirimkan ke alamat rumah Anda.

Dengan mengetahui tarif pajak Xpander dan beberapa hal terkait lainnya, Anda bisa lebih siap dalam mengatur anggaran untuk memiliki mobil impian Anda. Pastikan Anda membayar pajak tepat waktu dan lengkapi semua dokumen kendaraan Anda agar selalu mematuhi aturan lalu lintas dan berkontribusi dalam pembangunan negara melalui pembayaran pajak. Selamat mengemudi dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Setelah semua data udah benar, konfirmasi deh. Bayar pajaknya bisa pake kode pembayaran yang ada di aplikasi Signal. Gak perlu repot-repot lagi deh ke samsat, cukup dari rumah aja! Jadi, gimana? Sekarang gak bingung lagi, kan, soal pajak Mitsubishi Xpander? Langsung cek aja tarif pajaknya, biar gak kena denda. Happy driving!

error: Peringatan: Konten dilindungi !!