Pajak Soul GT: Tarif Pajak Yamaha Soul GT dan Informasi Terkait

Rate this post

Pajak Soul GT adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik motor Yamaha Soul GT. Tarif pajak Soul GT sebenarnya tidak berbeda jauh antara masing-masing model, hanya terpaut sedikit saja. Pada dasarnya, semakin lawas tahun kendaraan Anda, maka pajaknya pun akan semakin murah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai biaya pajak Soul GT serta cara cek pajak secara online menggunakan HP.

Biaya Pajak Soul GT

Biaya pajak Soul GT tergantung pada model dan tahun produksi motor Anda. Namun, pada dasarnya, pajak Soul GT sebesar 2% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang telah ditentukan. Karena NJKB motor setiap tahun naik, maka semakin baru motor Soul GT Anda, maka akan semakin mahal pula pajaknya. Namun, biasanya pajak Soul GT tidak akan lebih besar dari 500 ribu, kecuali Anda terkena pajak progresif.

Cara Cek Pajak Soul GT Online Menggunakan HP

Anda dapat dengan mudah mengecek pajak Soul GT secara online menggunakan HP Anda. Selain menggunakan daftar pajak yang telah kami berikan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi android cek pajak yang bisa di-download secara gratis di playstore. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek pajak Soul GT secara online:

  1. Download dan install aplikasi cek pajak kendaraan di HP Anda.
  2. Pilih wilayah Jawa Timur.
  3. Masukkan plat nomor kendaraan dan captcha, lalu klik cari.
  4. Informasi pajak kendaraan Anda akan muncul.

Dengan menggunakan aplikasi cek pajak, Anda dapat dengan mudah mengetahui informasi pajak Soul GT Anda dengan cepat dan praktis.

Daftar Pajak Soul GT Lengkap

Berikut adalah daftar pajak Soul GT lengkap per tahun dan model terbaru:

Tipe Motor Tahun PKB
SOUL GT (BU9) 2023 Rp 288.000
ALL NEW SOUL GT (B5D AT) 2023 Rp 270.000
ALL NEW SOUL GT AKS (B5D-1 AT) 2023 Rp 286.000
ALL NEW SOUL GT AKS SSS (B5D-IA AT) 2023 Rp 302.000
SOUL GT BLUE CORE (2SX) 2023 Rp 280.000
SOUL GT (BU9) 2022 Rp 282.000
ALL NEW SOUL GT (B5D AT) 2022 Rp 264.000
ALL NEW SOUL GT AKS (B5D-1 AT) 2022 Rp 280.000
ALL NEW SOUL GT AKS SSS (B5D-IA AT) 2022 Rp 296.000
SOUL GT BLUE CORE (2SX) 2022 Rp 274.000
Baca juga :   Pajak Mio Lengkap Semua Tahun Dan Model

Catatan: Tarif pajak Soul GT di atas belum termasuk SWDKLLJ.

Biaya Pajak 5 Tahun & Ganti Plat Motor Soul GT

Jika motor Yamaha Soul GT Anda sudah hampir 5 tahun Anda miliki, maka ini adalah waktunya untuk mengganti TNKB atau plat nomor Anda. Biaya yang Anda keluarkan untuk ganti plat motor Soul GT meliputi:

  • Penerbitan STNK: Rp 100.000
  • Pengesahan STNK: Rp 25.000
  • Penerbitan STCK: Rp 25.000
  • Penerbitan TNKB: Rp 60.000
  • SWDKLJJ: Rp 35.000

Total biaya ganti plat motor Soul GT adalah Rp 245.000. Untuk mengetahui total biayanya, Anda tinggal menjumlahkan total biaya tersebut dengan jumlah pajak STNK tahunan yang harus Anda bayar.

Cek Denda Pajak Soul GT Secara Online

Jika Anda telat membayar pajak kendaraan Anda atau bahkan pajak Anda sudah mati, maka Anda wajib membayar denda. Besarnya denda yang harus Anda bayar tergantung pada seberapa lama Anda menunggak pajak. Jika Anda terlambat membayar pajak motor Anda, maka Anda pasti akan dikenakan denda, meskipun Anda hanya telat 2 hari saja.

Untuk mengecek denda pajak motor Soul GT Anda secara online, Anda dapat menggunakan aplikasi penghitung denda pajak motor yang tersedia. Silakan masukkan PKB Anda dan berapa bulan terlambat bayar, lalu pilih provinsi Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi mengenai denda pajak motor Soul GT Anda.

Kesimpulan

Pajak Soul GT merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik motor Yamaha Soul GT. Tarif pajak Soul GT tergantung pada model dan tahun produksi motor Anda. Anda dapat dengan mudah mengecek pajak Soul GT secara online menggunakan HP Anda. Jangan lupa untuk membayar pajak tepat waktu agar terhindar dari denda. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengurus pajak Soul GT dengan mudah dan praktis.

error: Peringatan: Konten dilindungi !!