Pajak GL Max & GL Pro Update 2024

5/5 - (7 votes)

Pajak GL Max & GL Pro adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan bermotor ini. Mengingat pentingnya memiliki pemahaman yang baik mengenai pajak kendaraan ini, kami akan memberikan informasi lengkap seputar pajak GL Max & GL Pro dalam artikel ini.

Dasar Hukum Pengenaan Pajak Honda GL Max / GL Pro

Pengenaan pajak pada kendaraan bermotor, termasuk Honda GL Max & GL Pro, telah diatur oleh negara. Pajak motor GL ini dikenakan berdasarkan beberapa dasar hukum yang berlaku di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai dasar hukum pengenaan pajak pada Honda GL Max & GL Pro:

  • Besarnya pajak kendaraan sudah diatur oleh negara
  • Pajak motor GL yaitu 2% dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) untuk kendaraan pertama
  • Pengenaan pajak progresif ini hanya untuk beberapa provinsi saja seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat

Cara Cek Pajak Motor GL Max / GL Pro Menggunakan Hp

Untuk memudahkan pemilik Honda GL Max & GL Pro dalam mengecek pajak kendaraan, kini telah tersedia cara yang lebih praktis yaitu melalui hp. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online:

  1. Unduh aplikasi cek pajak kendaraan di Play Store
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi “Cek Pajak Kendaraan”
  3. Masukkan nomor plat kendaraan GL Max / GL Pro Anda
  4. Tunggu beberapa detik hingga data pajak kendaraan muncul

Pajak Tahunan Honda GL Max / GL Pro

Pajak STNK atau pajak tahunan milik Honda GL Max / GL Pro sebenarnya berbeda-beda untuk masing-masing model dan tahun pembuatan. Pajak ini harus dibayarkan setiap tahun agar STNK kendaraan Anda tetap sah. Untuk mengetahui besaran pajak tahunan Honda GL Max / GL Pro Anda, Anda dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi cek pajak kendaraan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga :   Pajak RX King

Daftar Tarif Pajak GL Max / Pro / Neotech

pajak GL Max & GL Pro

Tarif pajak GL Max / Pro / Neotech berdasarkan tahun pembuatan motor juga berbeda-beda. Tarif pajak ini ditetapkan oleh pemerintah dan mengacu pada besaran nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). Berikut ini adalah daftar tarif pajak GL Max / Pro / Neotech berdasarkan tahun pembuatan motor:

Tahun Pembuatan Tarif Pajak
2022 Rp. 116.000
2021 Rp. 98.000
2020 Rp. 82.000
2019 Rp. 74.000
2018 Rp. 68.000
2017 Rp. 62.000

Biaya Ganti Plat dan Pajak 5 Tahunan GL Max / Pro

Pajak GL Max & GL Pro Update 2024 terbaru

Biaya ganti plat dan pajak 5 tahunan Honda GL Max / Pro adalah biaya yang perlu dikeluarkan oleh pemilik kendaraan setiap 5 tahun sekali. Biaya ini meliputi biaya penggantian plat nomor kendaraan serta biaya pajak kendaraan selama 5 tahun ke depan. Berikut ini adalah rincian biaya ganti plat dan pajak 5 tahunan Honda GL Max / Pro:

  • Biaya ganti plat nomor kendaraan: Rp. 150.000
  • Biaya pajak kendaraan selama 5 tahun: Rp. 95.000
  • Total biaya ganti plat dan pajak 5 tahunan: Rp. 245.000

Hitung Denda Pajak GL Max / Pro Secara Online

pajak GL Max & GL Pro

Jika Anda memiliki tunggakan pembayaran pajak kendaraan Honda GL Max / Pro, Anda perlu menghitung denda yang harus dibayarkan. Anda dapat melakukan perhitungan denda pajak secara online melalui aplikasi cek pajak kendaraan. Berikut ini adalah cara menghitung denda pajak Honda GL Max / Pro secara online:

  1. Buka aplikasi cek pajak kendaraan
  2. Pilih opsi “Hitung Denda Pajak”
  3. Masukkan data kendaraan Anda
  4. Tunggu beberapa detik hingga muncul besaran denda pajak yang harus dibayarkan

Cara Bayar Pajak Honda GL di ATM / Indomaret / Samsat

Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk membayar pajak kendaraan bermotor Honda GL Max / Pro. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan:

  • Langsung di Samsat: Anda dapat membayar pajak kendaraan langsung di kantor Samsat terdekat dengan membawa STNK kendaraan dan melakukan pembayaran sesuai dengan besaran pajak yang tertera di STNK.
  • Melalui Indomaret: Anda juga dapat membayar pajak kendaraan di gerai Indomaret terdekat. Caranya adalah dengan memberikan data kendaraan dan melakukan pembayaran melalui kasir Indomaret.
  • Melalui ATM: Beberapa bank juga menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan melalui ATM. Anda dapat memilih menu pembayaran pajak kendaraan dan mengikuti petunjuk yang ada di layar ATM.
Baca juga :   Jasa Evaluasi, Restitusi dan Pemeriksaan Pajak 2024

Informasi Lengkap Mengenai Pajak Motor GL Max & GL Pro

Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi lengkap mengenai pajak GL Max & GL Pro. Anda telah mengetahui dasar hukum pengenaan pajak, cara cek pajak motor secara online, besaran pajak tahunan, daftar tarif pajak berdasarkan tahun pembuatan, biaya ganti plat dan pajak 5 tahunan, cara menghitung denda pajak secara online, serta cara membayar pajak kendaraan GL Max / Pro. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengurus pajak kendaraan GL Max & GL Pro Anda dengan mudah dan tepat waktu.

Pajak GL Max & GL Pro

Pajak GL Max & GL Pro Update 2024 terbaru

Untuk menjaga kendaraan GL Max & GL Pro Anda tetap berjalan dengan baik dan sah secara hukum, pastikan Anda selalu membayar pajak kendaraan tepat waktu. Dengan mengetahui tarif pajak GL Max dan GL Pro serta prosedur pembayarannya, Anda dapat menghindari denda dan masalah lainnya. Jadi, pastikan Anda selalu mengurus pajak kendaraan Anda dengan baik dan mematuhi aturan yang berlaku.

error: Peringatan: Konten dilindungi !!