Panduan Lengkap Kompres Foto untuk Daftar CPNS SSCASN 2024

Rate this post

Menjelang pendaftaran CPNS yang akan buka bulan Mei 2024, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan berbagai dokumen syarat yang diperlukan. Termasuk melakukan kompres foto agar ukurannya sesuai.

Tahun 2024 ini pemerintah membuka pendaftaran CPNS dan PPK dengan formasi total sebanyak 2,3 juta. Hal ini mendapatkan sambutan hangat dari para pencari kerja.

Jika kamu juga berminat mendaftar, maka akan lebih baik untuk segera mulai mengecek syarat dan menyiapkan dokumen untuk pendaftaran dari sekarang. Mari simak infonya lebih lengkap.

Syarat Dokumen Seleksi CPNS SSACSN

Rupanya, tidak sedikit pendaftar CPNS yang mengalami kendala selama proses seleksi lewat portal SSACSN. Salah satu penyebabnya yaitu tidak tahu cara kompres foto.

Masalah ini berakar pada file foto yang terlalu besar ukurannya. Saat hendak mendaftar CPNS, kamu tentu memerlukan pas foto terbaru dengan kualitas bagus.

Untuk mendapatkannya, kebanyakan akan mengambil foto dengan bantuan fotografer.

Namun, foto berkualitas tinggi dari jepretan kamera DSLR fotografer punya ukuran yang terlalu besar. Alhasil, sistem SSCASN akan otomatis menolak file foto tersebut saat kamu mencoba mengunggahnya.

Nah, untuk mengantisipasi kendala tersebut, kamu sebaiknya melakukan kompres foto terlebih dahulu untuk semua file yang perlu penyesuaian ukuran.

Lantas, apa saja dokumen yang perlu kompres foto atur ukuran yang tepat?

Untuk memudahkan proses persiapan pendaftaran CPNS, berikut daftar dokumen, syarat ukuran, dan tipe file yang kamu perlukan:

Pas foto berlatar belakang merah: ukuran file maksimal 200 kb dengan tipe file jpeg atau jpg.

  • Swafoto: ukuran file maksimal 200 kb dengan tipe file jpeg atau jpg.
  • Scan KTP: ukuran file maksimal 200 kb dengan tipe file jpeg atau jpg.
  • Scan Surat Lamaran: ukuran file maksimal 300 kb dengan tipe file pdf.
  • Scan Ijazah dan Sertifikat Pendidikan: ukuran file maksimal 800 kb dengan tipe file pdf.
  • Scan Transkrip Nilai: ukuran file maksimal 500 kb dengan tipe file pdf.
  • Scan dokumen pendukung: ukuran file maksimal 800 kb dengan tipe file pdf.
Baca juga :   Perbedaan Cooling 5 dan Cooling 5 Plus: Harga, Warna Kemasan, Komposisi, Manfaat dan Fungsi, Dosis, Aturan Pakai, Kontra Indikasi, Perhatian dan Larangan, Efek Samping, No Registrasi BPOM, Segmentasi Obat

Mempersiapkan semua dokumen syarat tersebut dengan ukuran dan tipe file yang sesuai bisa membantu membuat proses seleksi lebih lancar. Kamu tinggal mengunggah satu per satu dokumen yang sudah sesuai pada portal SSCASN.

Cara Kompres Foto untuk Pendaftaran CPNS

Kompres foto agar lebih kecil bisa menjadi kendala tersendiri. Terutama bagi orang yang tidak mahir menggunakan aplikasi editing seperti Corel Draw dan Photoshop.

Untungnya, sekarang ada solusi mudah bagi kamu yang kurang mengerti cara penggunaan aplikasi semacam itu. Kamu bisa menggunakan tool yang tersedia pada situs Ubahgambar.id.

Ubahgambar.id merupakan situs yang cukup populer dan sudah banyak digunakan untuk kompres foto cepat dan mudah.

Situs ini memungkinkan kamu untuk memperkecil ukuran foto dari berbagai format file tanpa membuat kualitasnya berkurang.

Kamu juga tidak perlu memiliki keahlian editing dulu untuk mengecilkan foto pada situs ini karena interface-nya yang user friendly dan gampang dipahami. Menariknya lagi, tool kompresi yang tersedia bisa kamu gunakan secara gratis.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk kompres foto online menggunakan Ubahgambar.id:

  • Pertama-tama, buka browser dari laptop kamu kemudian kunjungi situs ubahgambar.id.
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung mengunggah foto yang ingin kamu perkecil ukurannya. Caranya yaitu dengan klik tombol Pilih Foto.
  • Kemudian cari dan pilih foto yang mau kamu kompres. Lalu klik Buka.
  • Setelah terunggah, klik tombol hijau bertuliskan Kompres Foto.
  • Tunggu sebentar hingga Ubahgambar.id selesai memproses kompresi foto.
  • Setelah selesai akan muncul notifikasi “Foto Anda telah dikompres!” pada laman situs. Terakhir, kamu tinggal klik tombol Unduh untuk menyimpan foto ke laptop.
  • Selesai. Foto yang sudah terkompresi bisa kamu temukan di folder download.

Sebagai tambahan info, Ubahgambar.id bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran banyak file sekaligus. Jumlah maksimal file yang bisa kamu kompres dalam sekali waktu adalah 10 file.

Jadi, kamu bisa, nih, langsung mengunggah semua dokumen syarat CPNS ke situs untuk mengecilkan ukurannya dengan lebih cepat.

Situs ini bisa mengubah ukuran file gambar atau foto dari format .jpg, .jpeg, .webp, dan .png. Perlu kamu ketahui juga, ada batas maksimal ukuran file yaitu 10 MB per foto.

Baca juga :   Alamat Rumah Alshad Ahmad Dimana? Cek Lokasinya

Pengaturan Foto untuk Pendaftaran CPNS

Selain untuk mengecilkan ukuran file atau kompres, kamu juga perlu melakukan pengaturan foto lainnya untuk keperluan seleksi CPNS.

Untungnya, Ubahgambar.id juga menyediakan berbagai fitur lain yang bisa mendukung kebutuhan kamu, seperti:

  • Ubah Ukuran Foto: menyesuaikan dimensi foto (lebar dan tinggi)
  • Ubah Ukuran Pas Foto: mengubah ukuran pas foto dari dan ke berbagai ukuran
  • Konversi ke JPG: mengubah file foto dari berbagai format ke JPG.
  • Konversi HEIC ke JPG: mengubah format file gambar atau foto dari iPhone ke format JPG.

Tersedianya berbagai fitur tersebut sangat membantu untuk memperlancar persiapan pendaftaran CPNS.

Seperti telah dibahas sebelumnya, mempersiapkan dokumen persyaratan jauh-jauh hari dapat membantu menghindarkan kamu dari masalah klasik seperti dokumen yang ditolak oleh sistem SSCASN.

Selain itu, kamu juga perlu memahami lebih lanjut mengenai tahapan pendaftaran CPNS tahun 2024.

Tahap Pendaftaran CPNS 2024

Supaya tidak bingung selama menjalani proses seleksi yang panjang, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa saja tahap pendaftaran CPNS.

Proses pendaftaran CPNS-PPPK terdiri atas beberapa tahapan, sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi

Pertama, ada seleksi administrasi yang dilakukan melalui portal SSCASN. Pendaftar perlu membuat akun terlebih dahulu di laman sscasn.bkn.go.id.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengikuti proses seleksi administrasi dengan mengunggah dokumen sesuai syarat. Tahap ini biasanya mengharuskan kamu melakukan kompres foto.

Portal SSCASN juga bermanfaat untuk melihat hasil seleksi administrasi. Apabila lolos, maka pendaftar perlu melakukan verifikasi dengan mengunggah sejumlah dokumen.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tahap kedua berupa ujian menggunakan CAT. Ada tiga jenis tes dalam tahap ini, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Karakteristik Pribadi, dan Tes Inteligensia Umum.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Setelah lulus SKD, pendaftar akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu SKB. Pelaksanaan SKB dilakukan oleh instansi terkait tempat kamu mendaftar.

Seleksi ini terdiri dari Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Asing, Tes Praktik Kerja, Psikotes, dan Tes Fisik.

4. Integrasi Nilai

Tahap keempat adalah integrasi nilai. Sesuai peraturan MenPAN-RB, ketentuan integrasi nilai yaitu bobot SKD 40% dan SKB 60%.

Baca juga :   Voting: Membawa Pemilu ke Era Digital dengan Cepat, Canggih, dan... Aman?

5. Pengumuman Kelulusan

Setelah menyelesaikan empat tahap seleksi, pendaftar akan diminta mengecek status kelulusan sesuai jadwal. Pengumuman kelulusan proses bisa kamu cek dari website resmi instansi sesuai formasi.

6. Pemberkasan

Pada tahap terakhir, pendaftar perlu mengisi formulir. Nantinya, formulir ini akan disimpan oleh instansi masing-masing sebagai data pegawai.

Itulah panduan lengkap cara kompres foto beserta syarat dan tahapan untuk mendaftar CPNS. Yuk, segera cek dan persiapkan semua dokumen syarat. Dengan begitu, kamu bakal lebih siap saat pendaftaran resmi buka.

error: Peringatan: Konten dilindungi !!