Daftar UMR Tarakan Di Tahun 2021 (Terupdate)

Update UMR Tarakan Terbaru 2021 – Tarakan memiliki luas daerah sejumlah 677, 53 km². Salah satunya kota paling besar yang berada di Propinsi Kalimantan Utara ialah Tarakan. Kota Tarakan memiliki 4 Kecamatan, yakni Tarakan Barat, Tarakan Timur, Tarakan tengah dan Tarakan Utara. Kota Tarakan memiliki semboyan ‘BAIS’ yang disebut ringkasan dari Bersih, Aman, Cantik, Sehat dan Sejahtera. Kota Tarakan dikenali sebagai Bumi Paguntaka.

UMR Kota Tarakan Terbaru
UMR Kota Tarakan Terbaru

Pembangunan kota Tarakan cukup cepat bahkan juga dikukuhkan sebagai kota paling kaya ke 17 di Indonesia. Disamping itu, jika Tarakan menjadi satu diantara pintu gerbang pembangunan di Kalimantan Utara. Argumen kenapa kota ini memiliki peran itu karena mempunyai kebun minyak, tambang dan gas yang besar.

Artikel ini membahas :

Kekuatan Ekonomi Tarakan

Kota Tarakan memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Secara administrasi, kota Tarakan sebagai salah satunya wilayah di Kalimantan Utara berpotensi besar untuk perubahan ekonomi dah diprediksikan menjadi sebagai pusat kemajuan ekonomi baru. Kota Tarakan memiliki pertambangan, minyak dan gas yang mengagumkan.

Diharap sumber daya yang berada di kota Tarakan bisa diatur dengan optimal. Hal tersebut mempunyai tujuan supaya menggerakkan peningkatan kekuatan ekonomi yang terkuasai oleh warga di Kalimantan Utara terutamanya kota Tarakan hingga sumber daya manusianya harus dipertingkat dan penduduknya harus mengurus kekuatan secara baik.

Baca juga :   Daftar Gaji UMR Kulon Progo 2021 Lengkap

Dengan bertambahnya sumber daya manusia yang produktif di kota Tarakan tentunya diharap dapat berkompetisi dengan kota besar yang lain di Indonesia supaya bisa mengurus dan mengoptimalkan kekuatan sumber daya alam yang berada di kota Tarakan. Apa lagi kota Tarakan terhitung kota besar yang kemajuannya benar-benar kelihatan.

Dengan kekayaan kota Tarakan, diharap perubahan ekonomi di Kalimantan Timur tumbuh secara rata, baik itu di setiap Kabupaten di Kalimantan Utara atau setiap kota di Kalimantan Timur terutamanya untuk kota Tarakan sendiri. Pemerataan kemajuan ekonomi dapat menjadi salah satunya wujud pemerataan upah minimal atau UMR yang berada di kota Tarakan sendiri

Berikut ini upah UMR Tarakan dari tahun ke tahun:

NoTahunNilai
1.2021Rp.  4.200.479
2.2019Rp. 3.871.052
3.2018Rp. 3.583.312
4.2017Rp. 3.296.212
5.2016Rp. 045.000

UMR Tarakan Terbaru

Karena ada peningkatan UMK untuk kota Tarakan, diharap semua pebisnis dapat ikuti ketentuan yang berjalan meskipun wabah masih jadi rintangan. Bahkan juga ketentuan yang telah ada memperjelas jika pemberian upah harus disamakan dengan UMK yang telah diputuskan oleh pemerintahan.

Karena ada peningkatan UMK ini diharap menjadi anjuran untuk beberapa pebisnis supaya bisa memberinya kesejahteraan untuk beberapa pekerjanya berbentuk umum yang sesuai ketentuan. Jika memang diketemukan pebisnis yang mempersoalkan dan berkeberatan dengan peraturan itu karena itu beberapa pebisnis dapat memberikan laporan ketidak setujuannya ke pemprov.

Baca juga :   Daftar Gaji UMR Kota Bekasi 2021 Tertinggi (update)

UMR Tarakan 2021

Salah satu wilayah di Propinsi Kalimantan Utara yang UMK (Upah Minimal Kota) pada tahun 2021 ini ialah kota Tarakan. Info itu dikatakan oleh Walikota Tarakan yakni Khairul yang ditemani oleh kepala desa Ketenagakerjaan Tarakan dalam press launching nya yang diselenggarakan di hari Jumat tanggal 27 November 2020 di ruang pertemuan wali kota Tarakan.

Di tanggal 13 November 2020 berdasar SK Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/K. 821/2020 berkenaan Upah Minimal Kota (UMK) Tarakan diputuskan sejumlah Rp. 3.761.896. angka itu bertambah dari UMK tahun 2020 sejumlah Rp. 3.726.825. Itu maknanya UMK untuk tahun 2021 naik sejumlah Rp. 5.071 atau bertambah 0,135% bila dibanding dengan tahun kemarin.

Sumber referensi : bps (dot) go (dot) id, upah minimum (dot) com
error: Peringatan: Konten dilindungi !!