Tugas dan Gaji Steward Restoran dan Hotel

Tugas dan Gaji Steward Restoran dan Hotel – Singkatnya Steward adalah seseorang yang mengurusi alat-alat dapur di tempat komersial. Ada berbagai jenis pekerjaan yang tidak diketahui secara luas oleh masyarakat umum. Jika Anda biasanya menggunakan layanan restoran dan hotel, Anda bisa menjadi bagian dari area dapur serta persiapan makanan. Apa sebenarnya peran pelayan?

Tugas dan Gaji Steward Restoran dan Hotel
Tugas dan Gaji Steward Restoran dan Hotel

Apa sebenarnya Steward atau Stewarding?

Steward adalah pekerjaan atau posisi yang bertanggung jawab untuk peralatan dapur di hotel dan restoran. Mereka memastikan kebersihan serta totalitas peralatan memasak. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan tingkat kebersihan yang tinggi untuk memastikan kesehatan mereka yang mengkonsumsi.

Stewarding adalah salah satu departemen yang telah hadir di hotel dan restoran. Ini dianggap sangat penting karena berdampak pada aspek pekerjaan lain. Fungsi utamanya adalah mengelola semua peralatan memasak dan peralatan masak untuk dimasak.

Dalam kasus pekerja yang menghargai kebersihan lingkungan, terutama di dapur untuk menghindari risiko kesehatan, ini adalah pengarahan sebelum pelayan. Tujuannya adalah untuk memastikan mereka memahami tugas-tugas pelayan serta dampaknya pada bagian lain.

Apa tugas Steward?

Steward dapat digambarkan sebagai advokat untuk kegiatan yang terjadi di dapur terutama di restoran dan hotel. Keduanya memainkan peran yang setara di mana mereka diminta untuk bekerja untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja untuk mencegah penyakit mikroba dan penyebab penyakit lainnya.

Baca juga :   Gaji Karyawan Bukalapak Semua Jabatan Lengkap (2022)

Selanjutnya kita bahas tentang struktur organisasi steward dan tugasnya di bawah ini ada Chief, Supervisor, dll . Rata-rata tugas Steward di cafe mirip dengan yang ada di resto dan hotel. Gaji rata-rate Steward adalah Rp 2.400.000 sampai dengan Rp 4.000.000.

Stuktur Organisasi Steward
Stuktur Organisasi Steward

Tugas Steward restoran dan hotel

1. Permintaan

Steward harus mendaftarkan setiap permintaan yang diperlukan. Mereka biasanya menerima daftar ini dari mereka yang bekerja di dapur. Tentu saja, pemeliharaan dapur hanya akan beberapa langkah dari alat memasak seperti memasak, spatula dan alat canggih lainnya, seperti penggorengan lemak yang dalam atau penghancur daging.

Tugas Steward hotel adalah untuk mengawasi hotel secara teratur dalam daftar barang yang diminta oleh rekan bersama atau koki lainnya. Secara alami, mereka tidak akan segera diberitahu tentang permintaan, tetapi akan memeriksa peralatan secara teratur sehingga membatasi kemungkinan limbah.

2. Distribusi

Steward juga harus mendistribusikan informasi tentang persyaratan yang diperlukan oleh koki yang bekerja di dapur restoran atau hotel. Ini berarti mereka harus dapat menerima peralatan yang diperlukan dari produsen dan kemudian mengirimkannya langsung ke pengawas dapur.

Ada banyak tahapan termasuk penyortiran untuk memastikan kualitas produk.

Distribusi biasanya terjadi mengikuti perintah pelayan kepada produsen berdasarkan tuntutan saat ini. Biasanya, pekerjaan Steward restoran dilakukan secara teratur setiap tiga bulan, selama peralatan tetap memadai dan dalam keadaan baik untuk durasi yang digunakan.

Baca juga :   Daftar Gaji Pegawai PT PNM 2022 Terlengkap

3. Menyimpan

Tentu saja, Anda sadar bahwa peralatan memasak tidak boleh disimpan dengan ceroboh. Alat dapur tertentu yang terbuat dari bahan tertentu membutuhkan fasilitas penyimpanan spesifik agar tetap digunakan. Ini adalah tugas Steward.

Seperti pantry terbuka, yang biasanya terletak di salah satu sudut. Steward akan memanfaatkan ruang ini untuk menyimpan berbagai peralatan seperti mangkuk, piring, dan berbagai gelas. Kaleng makanan biasanya disimpan di peti kayu.

4. Membersihkan dan Mencuci

Jangan berpikir bahwa membersihkan alat memasak Anda akan dilakukan dengan kecerobohan. Steward harus menyadari pentingnya kebersihan untuk menghindari mikroorganisme tetap ada di peralatan dapur setelah dicuci.

Dimungkinkan untuk memulai proses ini dengan pilihan sumber air yang bersih. Jenis pembersihan dapur industri ini biasanya disebut sebagai dapur bersih dalam yang berfungsi untuk menjaga kebersihan dan memastikan bahwa itu selalu bersih.

Bukan hanya peralatan memasak, Steward juga harus memastikan bahwa furnitur lain, seperti kompor dan jendela selalu tetap bersih.

5. Mengisi ulang (non Gaji Steward)

Mirip dengan waktu sebelumnya proses restocking dilakukan untuk mengatur peralatan memasak yang mungkin rusak atau rusak setiap bulan. Staf dapur di restoran dan hotel akan membutuhkan ini untuk melakukan tugas terbaik mereka.

Ini seperti permintaan karena pelayan itu diharuskan untuk mengisi kembali peralatan memasak sesuai dengan permintaan koki atau petugas lainnya. Sangat penting untuk memahami bahwa setiap bulan, semua peralatan akan mengalami peningkatan dalam kuantitas atau kualitas.

6. Inventaris dan Perbaikan

Setiap Steward harus memastikan bahwa barang-barang, bahan ,, serta lingkungan sekitarnya dijamin memberikan tugas yang diperlukan untuk koki dan koki top. Aksesibilitas alat -alat ini harus selalu dapat diakses dalam jumlah dan bersih.

Baca juga :   Gaji Indomarco Prismatama Semua Jabatan 2022

Selain memastikan bahwa alat yang tersedia, Steward juga harus menawarkan langkah-langkah peningkatan untuk peralatan besar seperti panggangan atau oven.

Terutama jika mesin tersebut sebenarnya digunakan selama bertahun-tahun, di mana kualitasnya telah menurun.

Gaji Steward Restoran dan Hotel

Berdasarkan data gaji yang kami peroleh dari berbagai sumber, berikut ini perkiraan masing-masing Gaji Karyawan yang bekerja sebagai seorang Steward di sejumlah kota di Indonesia. Adapun gaji setiap bulan yang diperoleh oleh Steward restoran dan hotel sebagai berikut.

  • Jakarta Rp 3.500.000
  • Denpasar Rp 2.600.000
  • Kuta Rp 2.450.000
  • Bandung Rp 3.000.000
  • Bogor Rp 2.600.000
  • Tangerang Rp 3.100.000
  • Semarang Rp 2.400.000
  • Surabaya Rp 2.800.000

Informasi ini dimaksudkan untuk memperkirakan besaran Gaji khususnya untuk orang yang masih awam. Adapun ketersediaan pembahasan yang dikutip dinaspajak.com adalah hanya untuk membantu calon pekerja, pemilik kendaraan untuk mengetahui besaran Tugas dan gaji steward restoran dan hotel baik masih lulusan SMA ataupun baru lulus perguruan tinggi S1 dan S2.

*) Estimasi Gaji Steward di atas bisa saja berbeda dengan di lapangan, karena berbeda hotel/ resto mereka juga memiliki kebijakannya sendiri-sendiri.

Itu adalah ringkasan dari tugas Steward Restoran atau hotel, yang perlu diakui. Posisi ini tidak terlalu dilihat, karena membutuhkan waktu dalam jumlah besar dalam bayang -bayang atau tidak dikelilingi secara langsung dengan pengunjung, seperti di hotel, restoran besar dan berbagai industri lainnya.

Sumber referensi : bps (dot) go (dot) id
error: Peringatan: Konten dilindungi !!