Membuat Surat Lamaran yang Persuasif: Rahasia Mendapatkan Perhatian Perusahaan

5/5 - (5 votes)

Anda sedang mencari pekerjaan impian? Salah satu langkah penting dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah dengan membuat surat lamaran yang persuasif. Dalam surat lamaran, Anda perlu mampu mengkomunikasikan dengan baik mengenai tujuan Anda dan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Bagaimana caranya membuat surat lamaran yang persuasif? Mari kita bahas dengan santai namun tetap menggunakan bahasa baku agar pesan Anda dapat diterima dengan baik.

Mengenal Tujuan Surat Lamaran

Pentingnya menyampaikan tujuan surat lamaran yang persuasif adalah agar calon pemberi kerja tertarik untuk melanjutkan proses seleksi dan mengundang pelamar untuk wawancara. Dalam surat lamaran, tujuan harus jelas dan terfokus agar dapat mempengaruhi pemilik perusahaan atau manajer perekrutan untuk mempertimbangkan pelamar.

Contoh tujuan yang umum digunakan dalam surat lamaran antara lain:

Mendapatkan Pekerjaan yang Sesuai dengan Keahlian

Calon pelamar ingin menunjukkan bahwa ia memiliki kualifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Tujuan ini bertujuan untuk menarik perhatian pemberi kerja dan meyakinkan mereka bahwa pelamar adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang tersedia.

Mencapai Pertumbuhan Karir

Seorang pelamar dapat menunjukkan bahwa ia memiliki ambisi untuk mengembangkan karirnya dengan bergabung dalam perusahaan yang dituju. Tujuan ini menunjukkan bahwa pelamar memiliki motivasi dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang dalam lingkungan kerja yang dinamis.

Membuat Kontribusi Positif

Pelamar ingin menunjukkan bahwa ia dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan yang dituju. Tujuan ini dapat berupa pengalaman atau keahlian khusus yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Mempersiapkan diri sebelum menulis

Sebelum mulai menulis surat lamaran, penting untuk melakukan riset tentang perusahaan yang dituju. Dengan melakukan riset, Anda dapat memahami lebih baik tentang perusahaan tersebut dan dapat menyesuaikan surat lamaran Anda dengan kebutuhan dan nilai-nilai perusahaan.

Baca juga :   Format Modern Surat Lamaran: Mengoptimalkan Peluang Karir Anda

Beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum menulis surat lamaran antara lain:

Pendahuluan

  • Profil perusahaan, termasuk sejarah, visi, dan misi
  • Produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Struktur organisasi dan bagian yang sedang direkrut
  • Nilai-nilai perusahaan dan budaya kerja yang dijunjung tinggi

Kualifikasi dan kriteria

  • Kualifikasi pendidikan dan pengalaman yang dibutuhkan
  • Keterampilan dan kompetensi yang diharapkan
  • Proyek atau tugas yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan

Peluang dan tantangan

  • Peluang dan potensi pertumbuhan dalam perusahaan
  • Tantangan dan masalah yang dihadapi perusahaan

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, Anda dapat menulis surat lamaran yang lebih persuasif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, melakukan riset juga menunjukkan rasa ketertarikan dan komitmen Anda terhadap perusahaan tersebut.

Menyusun Struktur Surat Lamaran

Surat lamaran adalah dokumen penting yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Untuk membuat surat lamaran yang efektif, ada beberapa komponen yang harus ada dalam surat tersebut. Berikut adalah komponennya:

Komponen Surat Lamaran

  • Alamat Pengirim
  • Tanggal Penulisan
  • Alamat Penerima
  • Salutasi (Salam Pembuka)
  • Paragraf Pembuka
  • Paragraf Penjelasan
  • Paragraf Pembuktian
  • Paragraf Penutup
  • Tanda Tangan

Contoh Struktur Surat Lamaran

Berikut adalah contoh struktur yang dapat diikuti dalam menyusun surat lamaran:

  1. Alamat Pengirim
  2. Jalan Raya No. 123

    Kota Jakarta

    12345

  3. Tanggal Penulisan
  4. 12 Januari 2024

  5. Alamat Penerima
  6. PT ABC

    Jalan Sudirman No. 456

    Kota Jakarta

    12345

  7. Salutasi (Salam Pembuka)
  8. Kepada Yth. HRD PT ABC,

  9. Paragraf Pembuka
  10. Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

    Nama: John Doe

    Alamat: Jalan Raya No. 123, Kota Jakarta

  11. Paragraf Penjelasan
  12. Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk posisi Marketing Executive yang sedang dibuka di PT ABC. Saya memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang pemasaran dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

  13. Paragraf Pembuktian
  14. Selama bekerja di perusahaan sebelumnya, saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk hingga 20% dalam waktu 6 bulan. Saya juga memiliki kemampuan dalam mengelola kampanye pemasaran dan meningkatkan brand awareness perusahaan.

  15. Paragraf Penutup
  16. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan PT ABC dan berkontribusi dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Saya siap untuk menghadapi tantangan dan belajar hal-hal baru. Terlampir, saya sertakan resume dan portofolio saya untuk referensi lebih lanjut.

  17. Tanda Tangan
  18. Hormat saya,

    John Doe

Menjelaskan Pengalaman dan Kualifikasi yang Relevan

Pada bagian ini, kita akan membahas tentang pentingnya menjelaskan pengalaman dan kualifikasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pengalaman dan kualifikasi yang relevan akan menjadi faktor penentu dalam memperoleh posisi yang diinginkan.

Baca juga :   Menghindari klise di surat lamaran

Contoh cara menjelaskan pengalaman dan kualifikasi secara persuasif adalah dengan menyajikan pengalaman kerja terkait yang telah kita miliki sebelumnya. Misalnya, jika kita melamar posisi sebagai manajer proyek, kita dapat menjelaskan pengalaman kita dalam mengelola proyek-proyek sebelumnya dan mencapai target yang ditetapkan.

Contoh Pengalaman dan Kualifikasi:

  • Memiliki pengalaman sebagai manajer proyek selama 5 tahun di perusahaan ABC.
  • Mampu mengkoordinasikan tim dengan baik dan mengatur jadwal proyek untuk mencapai target yang ditetapkan.
  • Mempunyai pengetahuan yang mendalam dalam industri yang relevan dan dapat mengaplikasikannya dalam proyek yang sedang berjalan.
  • Menguasai perangkat lunak dan teknologi terkini yang digunakan dalam manajemen proyek.

Menonjolkan Keunggulan dan Kecocokan dengan Posisi yang Dilamar

Salah satu hal yang penting dalam membuat surat lamaran yang persuasif adalah menonjolkan keunggulan yang dimiliki dan kecocokan dengan posisi yang dilamar. Hal ini akan membuat perekrut melihat potensi dan nilai tambah yang dapat kita berikan jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh cara untuk menonjolkan keunggulan dan kecocokan secara persuasif adalah dengan:

Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Menarik

Dalam surat lamaran, gunakan bahasa yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jelaskan pengalaman, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan posisi tersebut. Misalnya, jika melamar sebagai seorang desainer grafis, jelaskan pengalaman dalam mendesain untuk klien, keterampilan dalam menggunakan software desain, dan prestasi dalam membuat desain yang berhasil.

Menyajikan Contoh Pekerjaan yang Relevan

Sebagai bukti keunggulan dan kecocokan, sertakan contoh pekerjaan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika melamar sebagai seorang copywriter, sertakan contoh tulisan yang pernah dibuat dan dapat menunjukkan kemampuan dalam menulis dengan gaya yang menarik dan persuasif.

Menunjukkan Pengetahuan tentang Perusahaan

Tunjukkan pengetahuan yang anda miliki tentang perusahaan yang dilamar. Jelaskan mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana keunggulan yang anda miliki dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Misalnya, jika melamar di bidang pemasaran, jelaskan bagaimana pengetahuan anda tentang industri pemasaran dan strategi yang dapat membantu perusahaan mencapai target penjualan.

Menggunakan Bahasa yang Persuasif dan Profesional

Informasi ini dimaksudkan untuk memperkirakan besaran Surat Lamaran khususnya untuk orang yang masih awam. Adapun ketersediaan pembahasan yang dikutip dinaspajak.com adalah hanya untuk membantu calon pekerja, pemilik kendaraan untuk mengetahui besaran Membuat surat lamaran yang persuasif rahasia mendapatkan perhatian perusahaan baik masih lulusan SMA ataupun baru lulus perguruan tinggi S1 dan S2.

Salah satu hal yang penting dalam menulis surat lamaran adalah penggunaan bahasa yang persuasif dan profesional. Penggunaan bahasa yang tepat dapat membantu Anda mempresentasikan diri secara efektif dan meningkatkan kemungkinan diterima dalam pekerjaan yang Anda lamar.

Berikut ini adalah contoh kalimat-kalimat yang dapat digunakan untuk meningkatkan persuasifitas surat lamaran:

Baca juga :   Penempatan Informasi di Surat Lamaran: Kunci Sukses Mendapatkan Pekerjaan

Menekankan Kualifikasi dan Pengalaman

  • Dengan latar belakang pendidikan saya yang kuat di bidang {nama jurusan}, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan ini.
  • Selama {jumlah tahun} pengalaman kerja saya di bidang {nama bidang}, saya telah mengembangkan keterampilan {nama keterampilan} yang relevan dengan posisi ini.
  • Pengalaman saya dalam mengelola tim dan proyek-proyek yang kompleks akan menjadi aset berharga untuk perusahaan ini.

Menggambarkan Keinginan untuk Berkembang

  • Saya sangat antusias untuk belajar dan berkembang di lingkungan kerja yang dinamis seperti perusahaan ini.
  • Saya selalu mencari peluang untuk meningkatkan keterampilan saya dan siap untuk menghadapi tantangan baru.
  • Saya tertarik dengan program pengembangan karyawan yang perusahaan ini miliki, karena saya percaya bahwa setiap individu harus terus belajar dan tumbuh.

Menunjukkan Komitmen dan Motivasi

  • Saya sangat tertarik dengan visi dan misi perusahaan ini, dan saya ingin menjadi bagian dari tim yang berdedikasi untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Saya sangat termotivasi untuk berkontribusi secara positif dan membantu perusahaan mencapai keberhasilan jangka panjang.
  • Saya percaya bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, saya dapat memberikan hasil yang signifikan bagi perusahaan ini.

Menyampaikan kesan positif dan antusiasme

Menyampaikan kesan positif dan antusiasme dalam surat lamaran sangat penting untuk meningkatkan peluang diterima oleh perusahaan yang dituju. Dengan menunjukkan semangat dan antusiasme, calon pekerja dapat membedakan diri mereka dari pelamar lainnya dan menunjukkan komitmen mereka terhadap perusahaan. Selain itu, kesan positif dan antusiasme juga dapat mencerminkan motivasi dan sikap yang positif, yang dianggap sebagai atribut yang berharga bagi perusahaan.

Kalimat-kalimat untuk menyampaikan kesan positif dan antusiasme:

  • “Saya sangat tertarik dengan kesempatan ini dan sangat antusias untuk bergabung dengan tim yang luar biasa di perusahaan Anda.”
  • “Saya merasa sangat terpanggil oleh visi dan misi perusahaan dan ingin berkontribusi secara signifikan dalam mencapai tujuan tersebut.”
  • “Saya yakin bahwa perusahaan ini adalah tempat yang tepat bagi saya untuk mengembangkan karir saya dan saya sangat bersemangat untuk belajar dan tumbuh bersama dengan perusahaan ini.”
  • “Saya telah melakukan riset mendalam tentang perusahaan Anda dan saya sangat terkesan dengan reputasi yang Anda miliki dalam industri ini. Saya ingin menjadi bagian dari tim yang sukses ini.”
  • “Saya percaya bahwa nilai-nilai perusahaan Anda sejalan dengan nilai-nilai pribadi saya, dan saya sangat antusias untuk bekerja dalam budaya yang positif dan kolaboratif.”

Kesimpulan Akhir

membuat surat lamaran yang persuasif terbaru

Dalam era kompetisi yang ketat ini, penting bagi Anda untuk dapat menonjolkan diri Anda dari yang lain. Dengan mengikuti tips dan panduan yang telah dibahas di atas, Anda dapat membuat surat lamaran yang persuasif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian. Jadi, jangan ragu untuk mengungkapkan pengalaman, kualifikasi, keunggulan, dan antusiasme Anda dalam surat lamaran Anda. Selamat mencoba!

error: Peringatan: Konten dilindungi !!