Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil yang Benar dan Aman

Cara membersihkan kap mesin mobil pastinya perlu dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan yang mungkin yang terjadi. Jika mobil mengalami kerusakan maka sebaiknya segera bawa ke bengkel, agar lebih mudah maka gunakanlah aplikasi bengkel mobil.

Cara Membersikan Kap Mesin Mobil dengan Benar
Cara Membersikan Kap Mesin Mobil dengan Benar

Selain interior dan bodi mobil, mesin mobil pun juga dapat terpapar oleh debu dan kotoran. Kotoran tersebut seperti sisa kerak oli, limbah buangan mesin bahkan bisa juga terdapat kotoran serangga atau hewan seperti tikus.

Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil

Kotoran-kotoran yang terus dibiarkan pada mesin mobil pastinya akan mempengaruhi kondisi dan performa mobil. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu membersihkan mesin mobil dengan cara membersihkan kap mesin mobil yang benar. Mesin mobil juga merupakan bagian vital mobil dan terhubung dengan banyak komponen kelistrikan yang saling terhubung.

Oleh karena itu, membersihkan mesin mobil tidak dapat dilakukan sembarangan dan harus berhati-hati. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya konslet mesin mobil yang dapat berakibat fatal seperti kebakaran mesin. Lalu bagaimana cara membersihkan mesin yang benar? Berikut diantaranya:

Baca juga :   Layanan Press Release Media Online Aku Digital

1. Gunakan Lokasi yang Teduh dan Terhindar Sinar Matahari Langsung

Teduh dari sinar matahari langsung

Cara yang pertama Anda harus lakukan adalah memilih lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini karena pada mesin mobil terdapat komponen yang terbuat dari karet dan plastik yang dapat mudah rapuh bila terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut dapat menyebabkan kinerjanya menurun. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan garasi di rumah Anda.

2. Bersihkan Mesin Mobil Dalam Keadaan Dingin

Anda dapat membersihkan mesin mobil pada  pagi hari saat mobil belum dinyalakan sama sekali. Jika mobil telah digunakan, maka tunggu selama beberapa menit untuk memastikan mesin telah benar-benar dingin. Kondisi mesin yang dingin akan memudahkan untuk membersihkan mesin mobil juga untuk menghindari sisa arus listrik yang tersisa.

3. Gunakan Peralatan yang Tepat

Cara membersihkan kap mesin yang ketiga yaitu menyiapkan peralatan. Peralatan untuk membersihkan mesin mobil juga sedikit berbeda dengan peralatan mencuci bagian mobil lainnya. Salah satu peralatannya yaitu engine degreaser yang digunakan untuk membersihkan oli yang menempel di mesin.

Kemudian ada juga lap plas chamois untuk mengelap kasar pada bagian mesin dan lap microfiber untuk lapisan lembut pada mesin. Selain itu Anda juga harus menyediakan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti air bersih, selang, ember, sikat, spons dan peralatan lainnya.

Baca juga :   Grosir Periperal Komputer di Aipel Computer

4. Perhatikan Bagian yang Mempunyai Arus Listrik

Pembersihan dengan air memiliki efek yang kurang baik pada bagian mesin yang memiliki arus listrik, contohnya adalah aki. Oleh karena itu sebelum membersihkan mesin sebaiknya aki mobil dibungkus dengan bahan kedap air atau dicopot agar lebih aman. Hal itu untuk mencegah terjadinya korsleting pada mesin dan juga untuk menghindari ancaman tersetrum listrik.

5. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Cara membersihkan kap mesin selanjutnya yaitu dengan membersihkan bawah kap mesin terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan letaknya di atas dan dikhawatirkan jika dibersihkan terakhir nanti kotorannya dapat jatuh ke atas mesin yang telah dibersihkan. Untuk membersihkan bagian ini Anda dapat menggunakan cairan pembersih serbaguna dan membersihkan kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat atau kuas.

6. Bersihkan Debu atau Kotoran

Setelah mesin mobil dingin Anda dapat memulai membersihkan mesin mobil dengan membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan mesin. Anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan bagian mesin yang lebar hingga ke sela-sela.

7. Gunakan Steamer

Cara membersihkan kap mesin selanjutnya dengan menggunakan steamer. Untuk membersihkan mesin Anda dapat berfokus pada bagian yang memiliki permukaan besar dan mudah terjangkau terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakan steamer untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Akan tetapi gunakan steamer dengan lubang kecil agar air tidak menyebar kemana-mana. Selain itu Anda juga dapat membersihkan mesin dengan sabun. Setelah mesin bersih maka bilaslah mesin hingga tidak ada sabun yang tersisa.

Baca juga :   Cara Membatalkan Transfer Shopeepay Gampang Banget

8. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Setelah mesin selesai dibersihkan maka selanjutnya mesin harus dikeringkan. Hal ini penting untuk menghindari karat muncul pada komponen-komponen mesin. Karat yang muncul nantinya dapat mengganggu kinerja mesin. Untuk mengeringkannya Anda dapat menggunakan lap microfiber atau lap chamois.

9. Nyalakan Mesin

Setelah mesin selesai dikeringkan, maka nyalakanlah mesin mobil. Menyalakan mesin dapat menghangatkan bagian-bagian mesin yang masih lembab. Dengan begitu maka sisa air akan menguap dan mesin pun akan kering maksimal.

Itulah cara membersihkan kap mesin mobil yang benar. Bagi Anda yang tidak sempat mencuci mobil sendiri, maka Anda dapat memanfaatkan bengkel cuci mobil. Untuk mempermudah menemukan bengkel dan mempermudah booking servis, Anda dapat menggunakan Otoklix. Otoklix juga telah bermitra dengan lebih dari 2000 bengkel umum. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi.

Sumber referensi : bps (dot) go (dot) id
error: Peringatan: Konten dilindungi !!